Nov 23, 2016

4 Alasan untuk Berpindah ke Linux

Linux dibandingkan dengan Sistem Operasi lainnya, Linux bisa dibilang memilik tingkat popularitas yang rendah. Apalagi jika dibandingkan dengan windows, meski begitu banyak kelebihan-kelebihan yang ditawarkan oleh linux untuk para penggunanya yang bahkan tidak bisa diberikan oleh Sistem Operasi windows sendiri. Memang masih sangat sedikit orang yang menggunakan Sistem Operasi Linux karena kurangnya diminati masyarakat, mungkin hal ini dikarenakan Linux adalah model yang lama terutama pada bagian tema Linux. Kebanyakan yang memakai linux biasanya adalah orang-orang yang memang sudah ahli dalam bidang komputer. Padahal untuk saat ini sudah banyak sekali distro-distro Linux yang sudah sangat mudah digunakan bahkan untuk para pemula.


Jika kalian tertarik menggunakan Linux tapi masih meragukannya, mungkin alasan-alasan berikut dapat dijadikan untuk mempertimbangan jika ingin menggunakan Sistem Operasi Linux.

1. Tersedianya apalikasi yang dibutuhkan

Aplikasi pada sistem operasi linux juga tidak kalah lengkapnya dengan yang ada pada Windows. Mulai dari aplikasi LibreOffice yang sama fungsinya dengan Microsoft Office pada windows, aplikasi edit foto GIMP dan masih banyak aplikasi lain yang tersedia.
Bahkan jika anda menggunakan Linux anda dapat menggunakan aplikasi populer seperti Goggle Chrome, VLC Player, Skype dan jangan lupa, saat ini juga cukup banyak aplikasi yang bisa diakses secara online. Office online dari Microsoft adalah salah satu contohnya.

2. Pengaturan yang Mudah

Bagi anda yang terbayang jika saat pertama kali menginstall linux adalah penggunaannya yang ribet. Namun, Linux saat ini bisa digunakan untuk para pemula. Sebagai contoh Ubuntu sudah didesain untuk pemula yang sudah dilengkapi fitur-fitur yang hampir sama dengan windows.

3. Keamanan yang Terjaga

Dibandingkan dengan Windows, pengguna Linux sangatlah kecil.  Hal ini pun berdampak positif terkait keamanan data pada komputer. Ditambah lagi OS Linux memang didesain untuk kemanan.

4. Linux Mendukung Komunitas Open Source

Aksi dukungan terhadap komunitas Open Source juga bisa dilakukan dengan menggunakan OS Linux pada komputer atau laptop kita. Hal ini akan berdampak baik pada ketersediaan aplikasi-aplikasi gratis yang bisa digunakan secara gratis. Semakin banyak dukungan maka semakin banyak pula aplikasi gratis yang bakal dikembangkan.

Dari 4 hal diatas juga masih banyak kelebihan-kelebihan OS Linux dibandingkan OS yang lainnya antara lain:
Anda tidak perlu mengeluarkan uang OS Linux, berbeda halnya dengan OS Windows yang harus mengeluarkan biaya jika ingin membeli OS yang asli dan bukan bajakan.

  • Linux tidak akan mati karena Open Source dan Fre. Tidak seperti System Operasi yang lain.
  • Linux sangat kuat dalam bahasa scripting yang memberikan kekuatan besar untuk sistem administrator.
  • Membutuhkan sumber daya Hardware yang sedikit dibandingkan dengan Windows.
  • Linux relatif kebal terhadap virus.
  • Ada banyak program-program penting maupun aplikasi jenis networking yang sudah ada dalam distro Linux.
  • Ada banyak komunitas pengguna linux didunia maya, jadi anda tidak perlu khwatir jika mengalami masalah dengan linux anda.
  • Tidak perlu khwatir jika terjadi razia software bajakan.


Informasi lebih lanjut dari Sistem Operasi Linux adalah banyaknya pengunaan Sistem ini untuk menggunakan hal hal yang ditidak diperbolehkan bagi semua orang yaitu seperti meretas komputer lain hanya menggunakan Sistem Operasi Linux ini.


EmoticonEmoticon